Friday 16 November 2012

Sejarah Indramayu "Kota Mangga"


Saya sebagai warga Indramayu ingin mengenalkan sejarah Kota Indramayu yang asri/yang menjadi kebanggaan masysrakat indramayu yang menetap pertama saya kenalkan dahulu kala Putra Tumenggung Gagak Singalodra dari Bengelen Jawa Tengah ynag bernama “Raden Wiralodra”beliau mempunyai garis keturunan Majapahit dan Pajajaran, di kaki Gunung Sumbing beliau mendapatkan wangsit dalam tapa barata/bersemedi yang berbunyi: “Hai Wiralodra apabila engkau ingin berbahagia di kemudian hari, pergilah kearah matahari terbenam dan carilah lembah Sungai Cimanuk, berhentilah dan tebanglah selakbelukar secukupnya untuk mendirikan pedukuhan dan menetaplah. Kelak tempat itu akan menjadi subur dan makmur tujuh turunanmu akan memerintah disana”. itulah bunyi wangsitnya.
Kemudian Raden Wiralodra ditemani Ki Tinggil dan berbekal senjata Cakra Undaksana“yaitu pusaka yang sangat sakti untuk menebang selak belukar. Tokoh-tokoh lain dengan pendiri pedukuhan dimaksud adalah Nyi Endang Darma yang cantik dan sakti, Aria Kemuning putra Ki Gede Lurah Agung yang diangkat putra oleh Putri Ong Tien istri Sunan Gunung Jati. Ki Buyut Sidum / Kidang Pananjung seorang pahlawan Panakawan Sri Baduga dari Pajajaran, Pangeran Guru, seorang pangeran dari Palembang yang mengajarkan Kanuragan dengan 24 muridnya.
Pedukuhan tersebut berkembang dan diberi nama “Darma Ayu” oleh Raden Wiralodra yang diambil dari nama seorang wanita yang dikagumi karena kecantikan dan kesaktiannya “Nyi Endang Darma”, serta dapat diartikan “Kewajiaban Yang Utama” atau “Tugas Suci”.
Disini kota indramayu juga Pada zaman kompeni menjadi ajang masuk pertempuran segitiga antara kompeni, Mataran dan Banten. Tahun 1706, Indramayu jatuh kedalam kekuasaan kompeni Belanda seluruhnya seperti halnya dengan daerah-daerah lain, Indramayu mempunyai perjalanan yang sama berada dalam kekuasaan penjajahan soalnya nenek saya yang pernah ngalamin penjajahan belanda dan jepang.

1 comment:

  1. bolavita agen bola dan sabung ayam terbaik indonesia dengan minimal taruhan 50rb

    Boss Juga Bisa Kirim Via :
    Wechat : Bolavita
    WA : +6281377055002
    Line : cs_bolavita
    BBM PIN : BOLAVITA ( Huruf Semua )

    ReplyDelete