Wednesday 2 April 2014

KONSEP AKUNTANSI GABUNGAN USAHA AKUNTANSI UNTUK INVESTASI DALAM SAHAM



A.     KONSEP GABUNGAN USAHA
Metode akuntansi yang digunakan dalam penggabungan usaha ada dua, yaitu metode penyatuan kepentingan (pooling of interest method) dan metode pembelian (purchase method). Menurut PSAK No.12, penggunaan metode tersebut bukanlah pilihan bagi perusahaan. Penggunaan metode tersebut harus sesuai dengan maksud penggabungan usaha, apakah penyatuan kepentingan dan jika syarat-syarat penyatuan kepentingan tidak terpenuhi, maka harus menggunakan metode pembelian.

Metode Penyatuan Kepentingan
Dengan metode ini, aktiva-aktiva perusahaan baru dinilai sama dengan nilai buku. Perusahaan yang baru,
Metode Pembelian
Apabila penggabungan dianggap sebagai pembelian maka harus ada dasar baru untuk membukukan dan mempertanggungjawabkan aktiva yang diperoleh. Dalam hal ini, aktiva harus dicatat sebesar harga pokoknya bagi pembeli sehingga jumlahnya tidak perlu sama dengan nilai yang perlu dilaporkan pada buku penjual.

  1. Ketika transaksi pembelian berlangsung ,kita perlu menyesuaikan atau menentukan nilai aktiva dan kewajiban milik perusahaan yang akan digabung sebesar nilai wajarnya
  2. Nilai agregat yang diberikan kepada aktiva bersih yang diperoleh (termasuk goodwill) akan sama dengan biaya yang terpakai dalam transaksi pembelian
  3. Pada penggabungan usaha yang tergolong sebagai pembelian ,alat tukar yang diberikan untuk mengambil alih perusahaan lain bisa berupa uang ,
  4. Mencatat transaksi penggabungan sebesar nilai investasinya (biaya perolehan).
  5. Membuat jurnal pemilikan aktiva dan kewajiban dari perusahaan yang digabung.
  6. Jika harga beli lebih rendah dari jumlah aktiva bersih yang dapat diidentifikasi ada beberapa perlakuan akuntansi yang bisa dipertimbangkan untuk digunakan.


B.     AKUNTANSI UNTUK INVESTASI DALAM SAHAM
Pada investasi modal dimana akun investasi di pertahankan terus-menerus, ini termasuk investasi dengan Cost Method dan Equity Method merupakan perusahaan investor yang tidak mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi aktivitas dari investi, sedangkan Equity Method yaitu perusahaan investor dapat menggunakan yang signifikan dan dapat mengendalikan terhadap operasi investi melalui kepemilikan saham yang jumlahnya lebih dari 50%. Kedua metode ini dijelaskan dalam PSAK No. 15 mengenai akuntansi untuk investasi dalam perusahaan asosiasi

Equity Method
1.      Investasi dicatat sebesar biaya perolehan dan disesuaikan dengan keuntungan, kerugian dan dividen.
2.      Investor akan mencatat laba dari perusahaan investi, apabila perusahaan investi memperoleh laba dan akun investi akan bertambah.

Cost Method
1.      Investasi dalam saham biasa dicatat sebesar biaya yang dikeluarkan
2.      Deviden dari laba berikutnya di laporkan sebagai pendapatan deviden, kecuali deviden yang di terima melebihi bagian laba investor setelah saham diperoleh, dianggap sebagai pengembalian modal (likuidasi deviden) dan dicatat sebagai pengurang terhadap akun investasi.


Contoh kasus akuntansi untuk investasi dalam saham
1.      Pada tanggal 1 juli. Pilzner Co. Membeli 2.000 lembar saham dari 10.000 lembar saham Sud Co. Dengan nilai nominal $50 per lembar saham, sama denan book value dan fair value dari Sud Ned Asset. Net income Sud Co. Tahun tersebut $50.000 pada tanggal 1 November dibayarkan deviden $20.000 buatlah jurnal?
Jawab...??
Cost method
Equity Method
Saat terjadi investasi/pembelian
Investement in Co. Sud      100.000 
               Cash                           100.000
2.000 lb x $50
Investement in Co. X       100.000 
               Cash                           100.000

Mencatat Deviden

Cash                              4.000
       Devidend income             4.000
2/10 x $20.000 = $4.000
Cash                                 4.000
       Investment in Co. X        4.000
Jurnal penyesuaian, untuk mengakui laba Co. X
No. Entri
Asumsi bahwa saham tidak dapat di perjal belikan
Investment in Co. X      5.000
           Income in Co. X          5.000
$50.000 x 20% x 6/12 = 5.000

Jika posisi kontrolterhadap perusahaan anak melalui pemilik saham dan perusahaan anak memiliki lebih dari satu jeni saham maka harus di bedakan besarnya bagian hak-hak pemegang saham menurut jenisnya masing – masing.
 

No comments:

Post a Comment